Program Kelas Khusus KKI Arsitektur UI

Program Kelas Khusus KKI Arsitektur UI

KKI Arsitektur UI yang merupakan akronim dari Kelas Khusus Internasional Arsitektur Universitas Indonesia, adalah sebuah program studi pada jurusan arsitektur yang memiliki taraf internasional. Tujuan dari kelas ini adalah menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dasar serta penerapannya dalam rangka mengimplementasikan metode rancang bangun atau arsitektur yang memiliki wawasan lingkungan.

Program Khusus Arsitektur Universitas Indonesia

Jurusan ini termasuk dalam fakultas Teknik dan telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT serta memiliki akreditasi dari AUN (Asean University Network).  Para mahasiswa yang lulus dari program studi ini telah memiliki kualifikasi pra-profesional sehingga mereka dapat langsung melakukan magang ataupun menempuh pendidikan profesi. Jika ingin memperoleh sertifikasi profesional maka para lulusan Arsitektur KKI harus menjalani magang serta melalui beberapa tahap kualifikasi yang dilakukan oleh Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia.

Beberapa bidang kerja yang dapat dimasuki oleh jurusan ini yaitu pada industri konstruksi sebagai perancang interior, arsitek, maupun pengawas pelaksanaan. Selain pada bidang konstruksi juga bisa bekerja pada bidang lain yang membutuhkan keterampilan kritis dan kreatif seperti pada instansi pemerintah atau sebagai dosen.

KKI Arsitektur UI menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri seperti Curtin University Australia dan Queensland University of Technology Australia. Para mahasiswa jurusan ini akan menjalani setengah dari masa studinya di Indonesia dan setengah lagi di universitas mitra di Australia.

Baca juga : KKI Komunikasi UI

Dengan menempuh pendidikan pada jalur ini maka mahasiswa akan memiliki dua buah gelar yakni gelar dari universitas Indonesia dan satu gelar lagi dari universitas mitra. Lulusannya akan mendapatkan gelar S.T dari universitas Indonesia dan Bachelor of Engineering dari QUT.

Proses Pendaftaran dan Persyaratan

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada program studi ini harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai TOEFL/IELTS. Nilai minimum untuk TOEFL adalah 500 sedangkan IELTS adalah 5.5 dengan kemampuan menulis 6.

Proses masuk program studi ini dapat dilakukan melalui jalur SIMAK UI atau seleksi masuk UI. SIMAK UI merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri oleh Universitas Indonesia. Pada jalur ini daya tampung untuk tiap-tiap program berbeda-beda, yang mana kelas internasional memiliki daya tampung paling besar yaitu 60%.

Baca juga : KKI FEB UI

Biaya pendaftaran pada jalur ini adalah sebesar Rp 1 juta, dengan uang semester Rp 17,5 juta dan uang gedung Rp 25 juta. Untuk biaya semester di universitas mitra juga berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari universitas masing-masing. Biaya per semester di universitas mitra diperkirakan sebesar 16.300 Dollar Australia untuk Curtin University dan sebesar 16.100 Dollar Australia untuk Queensland University of Technology. Biaya tersebut belum termasuk asuransi kesehatan, biaya hidup dan biaya-biaya lainnya.

Jika anda tengah mempersiapkan diri untuk masuk KKI Arsitektur UI melalui jalur SIMAK UI maka bimbel KKI UI dapat membantu anda dalam melakukan persiapan menghadapi ujian. Bimbel ini memiliki guru-guru yang sangat berpengalaman dibidangnya serta telah menghasilkan banyak lulusan yang diterima masuk UI.

Terdapat empat jenis layanan yang disediakan yaitu tentor ke rumah, yang mana tentor akan mendatangi langsung rumah siswa. Layanan yang kedua adalah les offline yang dilakukan baik berkelompok maupun sendiri di ruang kelas yang nyaman, selanjutnya private online yang merupakan proses pembelajaran 1 on 1 menggunakan media Zoom. Terakhir adalah private kelompok yang mana proses pembelajaran dilakukan dengan lebih dari satu orang melalui media online. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat dilihat pada laman bimbelkki.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *