Jurusan Terfavorit Fakultas Teknik, KKI Teknik Kimia UI

Jurusan Terfavorit Fakultas Teknik, KKI Teknik Kimia UI

KKI Teknik Kimia UI juga termasuk kedalam salah satu daftar program studi di fakultas Teknik yang memiliki kerja sama dengan universitas yang berada di luar negeri. Jurusan Teknik Kimia sendiri merupakan jurusan yang memiliki jumlah peminat terbesar diantara jurusan-jurusan yang ada di fakultas Teknik. Hal ini dikarenakan para lulusan dari jurusan Teknik Kimia memiliki prospek yang cukup bagus di dunia kerja.

Penjelasan Program Studi

Fakultas Teknik memiliki kurang lebih tujuh jurusan yang telah menyediakan kelas internasional, salah satu diantaranya adalah Teknik Kimia. Program ini memiliki tujuan untuk menciptakan para lulusan yang bertaraf internasional pada bidang Teknik. Terdapat dua jenis program yang bisa diambil pada kelas internasional yakni program dengan gelar tunggal dan program dengan gelar ganda.

Kedua program tersebut sama-sama memberikan kesempatan pada mahasiswanya untuk mendapatkan pembelajaran di luar negeri, yang membedakan hanyalah pada durasi perkuliahannya. Para mahasiswa yang lulus dari KKI Teknik Kimia UI ini diharuskan memiliki kemampuan dalam hal konsepsi serta perancangan proses kimia yang berguna untuk produksi, penanganan material serta transformasi.

Baca juga : KKI Ilmu Komputer UI

Selain itu mereka juga diharapkan dapat mengembangkan SDA yang ada baik itu fosil maupun non fosil menjadi komoditas yang memiliki nilai ekonomis. Untuk mewujudkannya Teknik Kimia UI telah membangun kerja sama dengan beberapa universitas seperti Monash University dan University of Queensland yang ada di Australia.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Menganut sistem pembelajaran serta kurikulum yang bertaraf internasional, proses pembelajaran yang dilakukan juga sepenuhnya menggunakan bahasa internasional. Sehingga untuk dapat masuk pada program studi ini calon mahasiswa harus memiliki kualifikasi dalam berbahasa inggris, yang mana dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS. Nilai minimum untuk TOEFL adalah 500 sedangkan nilai minimum IELTS adalah 5.5 dengan kemampuan menulis 6.

Jalur seleksi program ini hanya melalui SIMAK UI atau seleksi mandiri yang diadakan oleh universitas Indonesia. Jadwal seleksi untuk SIMAK UI pada program kelas internasional biasanya berbeda dengan SIMAK UI pada program reguler, vokasi, profesi, dll. Pada program gelar tunggal hanya mendapat gelar ST dari UI, sedangkan jika mengambil gelar ganda akan mendapat gelar ST dan Bachelor of Engineering dari universitas partner.

Baca juga : KKI Hubungan Internasional UI

Biaya pendidikan yang harus dipersiapkan sebesar Rp 1 juta untuk proses pendaftaran, uang semester Rp 17,5 juta dan uang masuk sebesar Rp 25 juta. Sementara itu biaya semester ketika menempuh pembelajaran di luar negeri adalah 11 ribu dollar Australia untuk QUT dan 12 ribu untuk Monash.

Jika anda tengah mempersiapkan diri untuk masuk KKI Teknik Kimia UI melalui jalur Seleksi Mandiri yang diadakan oleh UI maka bimbel KKI UI dapat membantu anda dalam melakukan persiapan menghadapi ujian agar memperoleh hasil yang memuaskan. Bimbel ini memiliki guru-guru yang sangat berpengalaman dibidangnya serta telah menghasilkan banyak lulusan yang diterima masuk di kelas internasional UI.

Terdapat empat jenis layanan yang disediakan yaitu tentor ke rumah, yang mana tentor akan mendatangi langsung rumah siswa. Layanan yang kedua adalah les offline yang dilakukan baik berkelompok maupun sendiri di ruang kelas yang nyaman, selanjutnya private online yang merupakan proses pembelajaran 1 on 1 menggunakan media Zoom. Terakhir adalah private kelompok yang mana proses pembelajaran dilakukan dengan lebih dari satu orang melalui media online. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat dilihat pada laman bimbelkki.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *