Teknik Sipil Tertua, KKI Teknik Sipil UI

Teknik Sipil Tertua, KKI Teknik Sipil UI

Pembahasan berikutnya adalah program studi KKI Teknik Sipil UI, yang merupakan jurusan Teknik Sipil tertua di Indonesia. Teknik Sipil UI telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, serta pada tahun 2008 telah berhasil mendapatkan akreditasi dari ASEAN University Network atau yang disingkat AUN. Tidak hanya kelas internasional, Teknik Sipil UI bahkan telah memiliki skema fast track bagi mahasiswanya dimana mereka dapat menempuh jenjang S1 dan S2 hanya dalam waktu 5 tahun.

Deskripsi program KKI Teknik Sipil UI

Universitas Indonesia sebagai salah satu kampus terbaik Indonesia telah membangun kerja sama dengan beberapa universitas yang berada di luar negeri demi menciptakan lulusan yang mampu bersaing di kancah internasional. Salah satu program yang ditujukan untuk memenuhi persaingan ini yaitu kelas internasional.

Para mahasiswa yang lulus dari KKI Teknik Sipil UI diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dalah hal perancangan, perencanaan serta konstruksi sarana dan prasarana. Pelayanan ini mencakup beberapa area seperti Rekayasa Struktur, Lingkungan, Transportasi, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, serta Sumber Daya Air. Dengan banyaknya area yang dapat dimasuki membuktikan bahwa jurusan ini memiliki prospek karir yang sangat bagus.

Baca juga : KKI Teknik Kimia UI

Teknik Sipil UI telah membangun kemitraan dengan Queensland University of Technology dan The University of Queensland yang berada di Australia. Dengan demikian para mahasiswa pada program ini dapat menempuh pendidikan tidak hanya di Indonesia tapi juga di Australia. Jika dapat menyelesaikan program ini maka akan memperoleh gelar ST dan Bachelor of Engineering.

Pendaftaran dan Biaya Program

Dengan banyaknya keuntungan yang dapat dinikmati pada program ini tentunya proses seleksinya juga tidak akan mudah. Pertama-tama calon mahasiswa yang ingin masuk program ini harus memiliki kemampuan bahasa Inggris, sebab seluruh kegiatan belajar mengajar sepenuhnya akan menggunakan bahasa internasional tersebut. Nilai minimum yang harus diperoleh dengan menggunakan sertifikat TOEFL adalah 500, sedangkan IELTS adalah 5.5 dengan kemampuan menulis berada di angka 6,0.

Selain itu program ini juga memiliki daya tampung yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan program reguler, sehingga membuat persaingan untuk masuk menjadi semakin ketat. Masa studi akan ditempuh selama 8 semester yang mana 4 semester akan dilakukan di Indonesia dan 4 semester di Australia.

Baca juga : KKI Ilmu Komputer UI

Proses seleksi hanya melalui jalur SIMAK UI dengan biaya pendaftaran program Rp 1 juta dan ketika telah dinyatakan diterima maka harus membayar biaya awal sebesar Rp 25 juta. Untung biaya per semester adalah Rp 17,5 juta yang mana biaya semester ketika berada di Australia adalah menyesuaikan kebijakan masing-masing universitas.

Jika anda tengah mempersiapkan diri untuk masuk KKI Teknik Sipil UI melalui jalur Seleksi Mandiri yang diadakan oleh UI maka bimbingan belajar KKI UI dapat membantu anda dalam melakukan persiapan menghadapi ujian agar memperoleh hasil yang memuaskan. Bimbel ini memiliki guru-guru yang sangat berpengalaman dibidangnya serta telah menghasilkan banyak lulusan yang diterima masuk di kelas internasional UI.

Terdapat empat jenis layanan yang disediakan yaitu tentor ke rumah, yang mana tentor akan mendatangi langsung rumah siswa. Layanan yang kedua adalah les offline yang dilakukan baik berkelompok maupun sendiri di ruang kelas yang nyaman, selanjutnya private online yang merupakan proses pembelajaran 1 on 1 menggunakan media Zoom. Terakhir adalah private kelompok yang mana proses pembelajaran dilakukan dengan lebih dari satu orang melalui media online. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat dilihat pada laman bimbelkki.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *